Selasa, 11 Mei 2010

PELTIER : Energi Panas Dan Dingin Dalam Satu Komponen

Mungkin agan udah ada yang tau tentang alat ini, tapi ane baru tau nih gan alat kayak ginian makanya ane tertarik buat bikin thread tentang PELTIER ini. Gimana kagak aneh gan, alat ini bisa menghasilnya panas dan dingin di masing2 sisinya dan perbedaan suhunya bisa sangat extrem gan ! mantep dah . Langsung aja deh gan biar ga kelamaan cekidot !
Quote:
# Prinsip PELTIER

Quote:
Ane baru nemuinn komponen unik kayak gini gan, bisa menghasilkan panas maupun dingin. Bentuknya tipis, berukuran 4 x 4cm dengan tebal hanya 4mm. Komponen ini dikenal dengan nama PELTIER. Peltier ini adalah modul Thermo-Electric, umumnya dibungkus oleh keramik tipis yang berisikan batang-batang Bismuth Telluride di dalamnya. Ketika disupply tegangan DC 12volt-15volt salah satu sisi akan menjadi panas, sementara sisi lainnya akan dingin. Untuk kalangan penggemar OverClocking komputer, Peltier cukup populer digunakan untuk mendinginkan prosesor.
Spoiler for PELTIER:
Quote:
Namun kelemahan Peltier adalah Arus yang dibutuhkan cukup besar, hingga 5-7amper agar bisa bekerja optimal. Peltier juga digunakan pada Car COOLBOX, yaitu pendingin minuman kaleng untuk di mobil. Cara kerja Peltier, dengan membuat panas disatu sisi, kemudian di sisi lain, panas akan terserap hingga terasa dingin. Beda suhu antara sisi panas dan dingin bisa mencapai 65 derajat Celcius.
Spoiler for PELTIER:
Quote:
Jadi apabila kita bisa membuat sisi panas serendah mungkin, maka sisi dingin akan bisa sangat dingin bahkan berbuih es.
Contoh : sisi panas 80C (batas maksimal yang diperbolehkan), maka sisi dingin akan 15C.

Spoiler for PELTIER:
Quote:
Dari prinsip di atas, kita bisa mendinginkan sisi panas dengan memasang sirip pendingin (heatsink) bahkan ditambah kipas (blower/fan).
Spoiler for PELTIER:
Quote:
Alat ini jg sering digunakan untuk cold air intake pada mobil/motor. Mungkin yang punya mobil lebih berpengalaman, terutama mobil-mobil Jazz, bahwa tarikan mesin saat malam hari (cuaca dingin) akan lebih ringan dibandingkan dengan tarikan mesin saat siang bolong. Nah... dengan sedikit merekayasa supaya intake mesin tetap cool, sehingga mendapatkan perbandingan AFR (Air Fuel Ratio) yang ideal, nampaknya Peltier bisa dicoba.
Spoiler for PELTIER:
[quote]
# Instalasi PELTIER Pada Pendingin Prosesor

Quote:
Spoiler for PELTIER:



Pada kode yang tercetak di foto di atas, ada angka 12706, yang artinya tegangan maksukan 12volt, Arus optimal yang diminta 6Ampere.

Spoiler for PELTIER:


Siapkan juga sirip pendingin + fan dari bekas Prosesor PC, kebetulan sama-sama pakai 12 volt untuk fan nya.

Spoiler for PELTIER:


Kemudian rekatkan PELTIER pada sirip pendingin

Spoiler for PELTIER:


Siapkan alat-alat pendukung , seperti Termometer untuk mengukur suhu PELTIER saat bekerja.

Spoiler for PELTIER:


Untuk menjepit sensor, gunakan plat aluminium tipis.



Hingga menjadi seperti ini.

Spoiler for PELTIER:



Lihat perubahan suhunya gan ! Dan terlihat embun di sisi pendingin .

Spoiler for PELTIER:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Acak

Related Posts with Thumbnails