Selasa, 11 Mei 2010

Top 10 Bencana Alam Terbesar

10. Peshtigo Wildfire,(Oct. 8, 1871)

Juragan pasti belom pernah denger bencana ini, Tapi kebakaran liar yang terjadi di Peshtigo, Wis, menyebabkan hangusnya lebih dari 1 juta are tanah disana. Akhirnya pada October 1871, kebakaran liar ini dinobatkan sebagai kebakaran hebat sepanjang U.S. history. Percikan api ditambah ayunan angin yang kencang sempat membuat "tornado of fire" di tempat kejadian, dan 1,200 orang dicatat telah menjadi korban.

9: Storm of the Century, (March 12-15, 1993)

11 tornadoes, dengan kekuatan badai yang membawa bebatuan es, menghantam seluruh bagian canada, amerika serikat dan cuba, akhirnya karena kekuatan badai yang begitu besar, badai ini hingga sekarang disebut "superstorm." Badai ini menyebabkan kerugian sebesar 6 milyar US$ dan menyebabkan jutaan korban selamat dan 300 korban meninggal.

Hasil foto dari satelit ketika badai berlangsung


8: Great Chilean Quake, (May 22, 1960)

Meskipun gempa yang satu ini bukan gempa yang paling mematikan ataupun paling menghancurkan dalam sejarah, tapi dalam segi kekuatan, gempa ini memiliki kekuatan 9.5 magnitude (bisa dirasakan gan goncangannya, hiiii ) Terjadi di Valdivia, Chili. Gempa tersebut menyebabkan 1,600 orang mati dan 2 juta orang korban selamat.

Gempa ini juga menimbulkan tsunami


7
:
The Super Outbreak, (April 3-4, 1974)

Dari namanya aja udah mengerikan, bagaimana dengan badainya? Yang hanya bisa dijelaskan pada saat itu adalah 148 tornadoes tyang sedang memporak porandakan 13 negara bagian di Amerika. Badai ini tidak berlangsung dalam 1-2jam saja, tapi berlangsung selama 24jam penuh. Akhirnya pada tahun 1974, berita resmi mengumumkan korban meninggal sebanyak 330 orang dan 5,000 orang terluka. Jika 148 tornado tersebut digabungkan, maka akan tercakup badai seluas 2,500 mil/segi.

Jejak dari 148 tornado dilihat dari peta


6: Tangshan, Earthquake, (1976)

Pasti juragan² kalo mikir tentang gempa di china pasti mikirnya gempa di Sichuan yang terjadi pada tahun 2008 ya? Gempa Sichuan menewaskan 69,000 orang. Tapi, meskipun gempa Sichuan sangatlah mematikan, tapi gempa tersebut tidak bisa dibandingkan gempa thangsan pada tahun 1976 di China. Gempa Thangsan menwaskan lebih dari 255,000, bahkan melalui data resmi, korban meninggal ternyata dua kali lipat dari hasil tersebut. Gempa tersebut berkekuatan 7.5 SkalaRichter.

Lokasi Gempa


5: Pompeii, (79 A.D).

Kejadian ini terjadi sekitar 2,000 tahun lalu, yaitu tahun 79 A.D. Ada sebuah Gunung berapi bernama Vesuvius yang akhirnya meletus pada hari itu selama 1 hari penuh dana mengeluarkan abu dan zat racun yang sangat² banyak hingga mengubur kota yang saat itu dinamakan Pompei
(peristiwa ini dimanakan pyroclastic flow).

4: Krakatoa (aka Krakatau), Aug. 26-27, 1883

Keitka Krakatau meledak di ledakan ke-4 pada August 1883, the Indonesian volcano of Krakatoa melepaskan 3 kubik mil magma dan sama dengan kekuatan energy 1 bomb atom. Letusannya terdengar hingga Ribuan mil jauhnya. Ledakannya menggemparkan seluruh negara² lautan pasifik, ledakan tersebut menyebabkan seluruh pulau krakatau tenggelam hingga dasar laut dan menenggelamkan lebih dari 100 pulau disekitarnya dan menyebabkan 36.000 korban meninggal, kebanyakan disebabkan oleh tsunamis. Abu dari ledakan Krakatau bahkan sampai ke New York melalui Udara dan Lautan, sehingga menyebabkan penurunan suhu di seluruh dunia selama setahun.



3: Hurricane Katrina and the 2005 Atlantic Hurricane Season

5 Jenis Badai Katrina yang langsung menghajar Gulf Coast pada August 2005 merupakan hal yang tidak asing lagi. Lebih dari 1,800 orang meninggal karena badai Katrina yang menghajar bangunan² disana yang dibangun tanpa bisa menahan kekuatan badai tersebut. 80% daerah New Orleans tergenang oleh air dan daun² dari ranting pohon yang berterbangan sangat jauh. Merupakan sebuah peringatan dari alam agar selalu waspada akan bencana alam yang kita tidak akan pernah tahu kapan datangnya.


2: Indian Ocean Tsunami, Dec. 26, 2004

Semua peristiwa ini diawali dengan gempa bumi - gempa yang sangat besar. Gempa yang berkekuatan 9.1 SkalaRichter mengguncang Sumetra, yang berada di kepulauan Indonesia. Gempa tersebut terjadi selama 8 menit yang mematikan. Bagaimanapun juga, gempa sebesar itu masih merupakan awal dari segala bencana. Setelah beberapa saat, Tsunami yang tercatat terkuat dalam sejarah pun terbentuk dan menuju ke 14 negara berbeda. Korban tewas sebanyak 230,000 jiwa dan 1.7 juta orang korban selamat. Tinggi level air di dunia sempat naik drastis beberapa kaki dalam beberapa hari, Hal tersebut akhirnya terukir dalam sejarah sebagi tsunami terkuat yang pernah ada.

Tsunami strikes Ao Nang, Thailand.


1: "The Great Flood," (sometime a long, long time ago)

Mungkin saja ini kejadian sejarah atau malah cerita sejarah, bercerita tentang kejadian pensucian seluruh dunia, Banjir mematikan terjadi di seluruh dunia dan kepada seluruh ras di dunia, Dan banyak juga yang selamat berkat Noah's Ark yang berlayar dengan ras Sumerian, Indian and Native American legends dan masih banyak lagi. Dan tentu saja ini merupakan salah satu legenda: yaitu seluruh dunia bersatu! Seluruh pendosa akan mati! Species akan terlahir ulang! Tapi hanya ada satu masalah tentang bencana ini: mungkin saja banjir ini benar² tidak pernah terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Acak

Related Posts with Thumbnails