Rabu, 23 Juni 2010

Organovo siapkan Printer Pencetak Organ Manusia


DALAM waktu dekat, pasien yang memerlukan donasi organ sudah bisa mendapatkan organ yang didisain untuk mereka. Dengan begitu, pasien tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan sumbangan organ yang sesuai.

Organovo, perusahaan obat regeneratif yang berbasis di California, telah mengembangkan prototipe yang diadaptasi dari teknolgi cetak laser tiga dimensi yang digunakan untuk memproduksi bagian-bagian mesin.

Teknologi ini tidak bekerja memadukan lapisan besi dan plastik, melainkan menyatukan jaringan-jaringan hidup. Mesin ini dikenal dengan 'bio-printer' dan sudah bisa menumbuhkan pembuluh arteri baru.

"Pada akhirnya, para ahli bedah bisa memiliki jaringan yang digunakan untuk berbagai keperluan," tutur CEO perusahaan Keith Murphy, seperti dikutip situs foxnews.com, Jumat (4/6). Murphy berharap bahwa teknologi ini segera bisa menciptakan organ secara keseluruhan.

Organovo mempekerjakan pakar otomatisasi dari Australia untuk menghasilkan prototipe 'bio-printing'. Bio-printer ini menggunakan dua kepala untuk menyimpan 60.000 hingga 80.000 sel ke dalam lembaran gel yang membentuk silinder menyerupai pembuluh darah.

Peneliti berharap agar teknik ini bisa dikembangkan untuk menciptakan organ-organ. Dengan begitu, pasien bisa mendapatkan alternatif menyelamatkan hidup selain menunggu organ transplantasi.

Sumber : www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Acak

Related Posts with Thumbnails