Rabu, 23 Juni 2010

Peppermint Marshmallow

Gula-gula lembut yang disukai anak-anak ini ternyata mudah dibuat. Yuk, membuat sendiri marshmallow lembut ini!
KapanLagi.com - Marshmallow, penganan ringan yang fluffy ini sering kita jumpai di deretan produk-produk impor di supermarket. Tidak hanya anak Anda yang terpikat bentuknya yang lucu dan warnanya yang soft, Anda pun pasti tertarik. Bagaimana kalau Anda membuatnya sendiri di rumah? Caranya mudah saja.

Bahan :

21 g gelatin
125 ml air
125 g gula pasir
125 ml light corn syrup
80 ml air
3 butir telur diambil putihnya
1 sdt ekstrak peppermint
60 g peppermint chips (hiasan)
Sejumput garam

Cara Membuat :

1. Lapisi loyang dengan plastik. Larutkan gelatin dengan 125 ml air. Sisihkan.

2. Panaskan gula pasir, corn syrup dan 80 ml air dalam panci, dengan panas sedang. Aduk hingga gula larut. Besarkan api sedikit, dan masak hingga adonan mencapai kurang lebih 115 oC dengan temperatur gula.

3. Ketika gula dilelehkan, di tempat terpisah masukkan putih telur dan garam kemudian kocok dengan mixer. Kocok hingga putih telur mengembang. Gula yang sudah mencapai temperatur, dimasukkan perlahan-lahan ke dalam kocokan putih telur sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah.

4. Tuangkan larutan gelatin ke dalam panci yang digunakan untuk melelehkan gula agar gelatin dapat dengan mudah dituang. Tuangkan larutan gelatin dan ekstrak peppermint ke dalam adonan putih telur. Naikkan kecepatan mixer, kocok 5-10 menit hingga adonan marshmallow mengembang kira-kira 3 kali volume awal dan halus.

5. Tuang di loyang yang telah disiapkan, ratakan dengan spatula. Taburi dengan peppermint chip. Biarkan marshmallow mengeras sedikitnya selama 4 jam atau semalaman.

Anda dapat bervariasi dengan rasa dan warnanya, tinggal menambahkan flavour dan pewarna pada adonan ketika dikocok dan marshmallow Anda pun berwarna-warni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Acak

Related Posts with Thumbnails