Senin, 31 Mei 2010

Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan


Hi Kaskuser,

Apa kabar? Sehat? Gud...bersyukurlah buat agan2 yang masih dikasih umur sampe hari ini.
Ehehe...
Okeh..ini thread kedua ane. Langsung aja yah.

Mungkin sebagian dari kita sulit buat ngedapetin pekerjaan, terutama dikota2 besar seperti Jakarta dan lain sebagainya.
Tapi koq beda ama ane yah...dalam kurun waktu belom nyampe 3 taon, ane bisa pindah-pindah kerja diperusahaan yang lumayan besar dan cukup ternama di kota Jakarta sebanyak 5 Perusahaan!!!
Ane gag perlu sebutin perusahaan apa ajjah, karna bukan itu inti dari thread ini.
So...apa rahasianya?

Berikut step2nya:

1. Cari Kerjaannya
Naahh...nyari kerjaan khan jaman sekarang gampang banget tuh ada Jobsdb.com, Jobstreet.com, Karir.com, ato gampangnya nanya ama om google.
Ada juga alternatif seperti liat dikoran ato dimana kek terserah.
Yang penting harus sesuai dengan pilihan dan kemampuan agan2 sekalian.
Jangan lupa tiap kali lagi searching2 harus diawali dengan doa sesuai dengan kepercayaan masing2...okeh..okeh...

2. Kirim Lamaran
Cara yang paling umum jaman sekarang adalah kirim pake email. Bisa juga yang pake kirim2 pake Pos ato masukin ke drop-box yang disediain, ato apa kek terserah. Cuman kalo ane lebih suka pake email, praktis dan ekonomis..ehehe
Sekali lagi ane ingetin, jangan lupa berdoa yah

3. Dipanggil buat interview
Pertanyaannya adalah:"Gimana mau interview, dipanggil juga kagak?" Naahh triknya adalah, buat CV dan Aplikasi nya semenarik mungkin. Gimana caranya bikin CV dan Aplikasi yang menarik. Berikut kita bahas satu persatu:

Pertama adalah CV: Singkatan dari Curriculum Vitae ato bahasa Indonesianya Daftar Karir or Daftar Riwayat Hidup.
Nah, usahakan membuat CV dalam Bahasa Inggris, caranya tinggal cari aja template2 yang udah ada, tanya aja ama om google, ada ribuan tuh cakep2 di internet.
Tips dari ane, cantumin aja yang bullshit/boongan di CV agan contohnya sbb:
>>>cantumin pernah ke luar negri or buat kunjungan seminar ini-itu ato pernah liburan di thailand or dimana kek.
>>>Cantumin juga hobby agan di CV dan sebutin aja hobby2 yang menunjukkan agan orang yang kreatif de el el.
>>>Cantumin juga prestasi yang udah pernah dicapai, semacem pernah jadi ketua organisasi ini itu, pernah menang lomba ini itu, pernah ikut acara ini itu.
Bole percaya ato kagak, ane cantumin semua hal diatas di CV ane yang 70% nya adalah bullshit semua...wkwk.
Intinya adalah, gimana cara ngebuat orang yang ngebaca CV agan jadi penasaran dan pengin manggil interview agan gituh...

Kedua adalah Application Letter: Ato bahasa indonesia Surat Lamaran.
Nah seperti biasa buat dalam Bahasa Inggris. Tetep juga tinggal nyari template cakep2 nanya ama om google. Tips dari ane, buat sesingkat and sepadat mungkin sambil ngasih kesan menantang ke interviewer bahwa agan akan ngebuktiin kalo agan bakal nunjukin kemampuan agan kalo agan di panggil buat interview. Tentunya dengan bahasa yang santun dan sopan.

Seperti biasa, jangan lupa berdoa waktu bikin CV ama Apllication Letternya.

4. Saat Interview
Naahh gitu dah dipanggil interview, berikut trik dari ane:
-Pake baju yang casual, jangan terlalu resmi and jangan terlalu santai. Kalo ane suka pake kemeja tangan pendek warna pastel ato pake kemeja tangan panjang warna cerah tapi tangannya di gulung ampe separo lengan.
-Pake deodorant dikit and jangan terlalu banyak pake parfum
-Sepatu yang casual ajjah, jujur ane gag suka pake sepatu yang kulit mengkilap-kilap.
-Pake celana jeans ato denim warna item, kenapa item? Karna item tuh netral banget. Memberi kesan resmi padahal celana denim. Tapi inget jeans/denimnya harus yang item solid, jangan yang belel-belel.
-Sambil nunggu giliran, boleh sambil ngunyah permen karet mint biar nafas seger dan sekalian ngilangin gugup
-Usahakan tetep tersenyum selama interview, relax dan sedikit bercanda. Nah loh bercanda? Percaya degh ama ane, bercanda waktu interview tuh bisa mencairkan suasana sehingga agan2 bisa lebih lancar ngejawab2 pertanyaan interviewer. Tapi inget, becandanya harus berbobot dan jangan berlebihan.
-Posisi duduk usahakan tegak dan bersender di sandaran kursi. Inget lho, tegak yah, jadi gag terkesan gag serius gituh.
-Posisi kaki sebaiknya di silang kayak cewek duduk.
-Nah ada dua pertanyaan paling penting selama interview:
pertama, "berapa gaji yang anda inginkan?" nahh ini ane dapet dari artikel temen ane gini: "sebelum saya menjawab pertanyaan anda, saya yakin perusahaan sudah punya range sendiri untuk posisi yang mau saya apply ini, kalau boleh tau range-nya dari berapa ke berapa?" gituh...nahh gituh dy ngasih tau range nya khan tinggal gampang nyebutin agan maunya berapa tanpa harus takut nawar ketinggian ato kerendahan. Ane pernah nyobain trik ini dan lumayan berhasil.
kedua, "ceritakan tentang diri anda" ato "apa keuntungan saya menerima anda?" ato "apa kelebihan anda dibanding pelamar lain?" naahh kalo yang ini ane dapet dari pilem "Pursuit of Happiness" yang Will Smith maen tuh ada jawaban bagus "Saya bukan orang yang kalau bapak/ibu tanya sesuatu saya bisa jawab semua pertanyaan itu dan saya juga bukan orang yang kalau bapak/ibu minta saya melakukan sesuatu saya bisa melakukannya. Tapi saya adalah orang yang bisa garansi kalau saya tidak bisa menjawab pertanyaan atau melakukan seperti yang bapak/ibu minta, saya akan segera menemukan jawaban atas pertanyaan itu dan cara melakukannya" naahh...jawabnya harus mantep dan tegas. Trik ini manjur banget ane pake di beberapa interview ane.

-Test
Kadang kalo interview ada test teknis dan psycho test.
Kalo test teknis itu urusan agan2 yah...tergantung bidangnya agan masing2.
Nah kalo psycho test gampang banget koq. Jawab semua pertanyaan dengan jujur dan dari lubuk hati yang paling dalem sambil di inget semua jawaban yang agan jawab, karna nanti pertanyaan waktu wawancaranya pasti dihubung2in ama jawaban di psycho test, so kita bisa pastiin bakal nyambung gituh antara jawaban di psycho test ama yang nanti agan omongin.

-Tambahan
Ada tambahan dari ane:
>>>usahakan minta jawaban langsung ke interviewer mengenai hasil interview agan2. Kalo gag memungkinkan, kasih dateline ke interviewer bahwa agan pengenjawaban secepatnya. Agan boleh bilang bahwa agan juga udah interview dibeberapa tempat lain. Trik ini agak beresiko, karna ntar dipikir agan juga punya cadangan kalopun gag dia terima, tapi percaya degh trik ini bisa naekin gengsi agan di mata interviewer dan ngasih kesan agan agak sedikit jual mahal.
>>>tetap berpikiran positif setelah pulang dari interview
>>>banyak berdoa dan tetep jaga kesehatan

Sekian dari ane ehehe...
Dijamin nyari ampe bangkotan juga gag bakal repost karna ini murni dari pengalaman ane.
Okeh..okeh....
Semoga berguna and sukses selalu buat agan2 semuaaa...
Caiyoooo....

sumber:kaskus.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Acak

Related Posts with Thumbnails